Kamis, 12 Oktober 2017

KPU Diminta Rekrut PPK dan PPS Profesional

REMBANG  - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Rembang meminta kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten setempat agar dalam merekrut Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng 2018 dicari orang-orang yang benar-benar professional dan berintegritas.

Sebagaimana diketahui, KPU Rembang mulai 13 Oktober 2017 menerima pendaftaran untuk seleksi PPK dan PPS untuk kegiatan Pilgub 2018.

Koordinator Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga  Panwaslu  Kabupaten Rembang, M Dhofarul Muttaqiin mengatakan, pemilihan sumber daya manusia (SDM) penyelenggara Pemilu yang professional dan berintegritas sangat penting, agar bisa menciptakan pelaksanaan Pilgub yang berkualitas dan bermartabat.   “Pelaksanaan Pilgub ini harapannya bisa berkualitas baiknya prosesnya maupun hasilnya,” katanya di Rembang, Kamis (12/10).

Menurut Muttaqiin, menciptakan Pilgub  berkualitas dan berintegritas merupakan keniscayaan bagi penyelenggara. Perwujudan integritas itu baik dalam konteks proses maupun hasil.  Integritas hasil tidak akan tercapai kalau integritas proses tidak tercapai. Oleh karenanya, keduanya bak dua sisi mata uang yang harus saling bersamaan

Untuk mewujudkannya, lanjut dia, salah satu daya dukungnya adalah tersedianya SDM penyelenggara yang berkualitas dan bermartabat. Oleh karena itu, dalam seleksi PPK dan PPS diharapkan bernar-benar terpilih yang benar-benar memenuhi kualifikasi yang ada.

Dalam seleksi ini, lanjut Muttaqiin, KPU Rembang diminta memastikan bahwa pendaftar bukan merupakan anggota apalagi Pengurus partai politik. Sehingga bisa terjaga independensinya.  “Semua aturan yang ada dalam proses seleksi ini harus dipenuhi oleh KPU,apalagi tahapan ini berbarengan dengan masa pendaftaran Parpol sehingga harusnya memudahkan KPU dalam menelusuri rekam jejak pendaftar kaitannya dengan Parpol” tuturnya. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar